KANWIL KEMENAG JATENG MONEV KE KBIHU BANYUMAS

Sabtu, 13 November 2021, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) di Kabupaten Banyumas mendapat kunjungan dari Tim Monitoring dan Evaluasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Tim Monev dari semarang yang  terdiri  dari dua orang yaitu Sunhaji dan Imam Riyadi dengan didampingi oleh Kasi PHU Kemenag Kabupaten Banyumas Drs. H Purwanto Hedro Puspito langsung menuju dua KBIHU yaitu KBIHU Al Wardah dan KBIHU Muhammadiyah.

Drs. H. Purwanto Hendro Puspito yang mendampingi selama Monev tersebut saat diwawancarai menjelaskan bahwa tujuan monitoring terhadap KBIHU ini, yang pertama adalah untuk mengupdate kembali data administrasi, sekaligus memastikan keberadaan dari KBIHU itu sendiri.

Yang kedua untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan bimbingan manasik haji kepada jamaah selama masa Pandemi Covid 19.

Terkait KBIHU di Banyumas Drs. H. Akhsin Aedi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas, M.Ag di sela-sela kesibukannya, beliau mengatakan :

“KBIHU di Kabupaten banyumas mempunyai peran yang strategis dalam melakukan pembinaan kepada jemaah haji dan umrah saat ini, di samping besarnya jemaah yang dibina juga kedekatan emosional yang dimiliki KBIHU menjadi modal untuk dapat mengarahkan jemaah haji ke arah pembinaan manasik yang lebih baik,”

“Selain mengarahkan jemaah haji, KBIHU juga dapat menciptakan kemandirian jemaah haji dan umrah, baik dalam beribadah maupun berinteraksi selama di tanah suci dengan sarana prasarana yang dimiliki.”

“Meskipun masih dalam suasana Pandemi Covid 19, KBIHU di Banyumas diharapkan tetap menjadi pionir untuk adanya pembinaan manasik sistem jarak jauh dengan system online dengan tetap berpedoman pada buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah pada Masa Pandemi dari Ditjen PHU  Kementerian Agama.”

(red: swy_phu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *